Ini adalah Lima Generasi dalam Perkembangan PJJ
1. The Correspondence Model
Pada generasi ini, media yang digunakan adalah media cetak. Penggunaan
media ini mengedepankan fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan. Bahan yang
diajarkan sudah sistematis, tapi tidak ada interaksi antara peserta didik dan
pengajar.
2. The Multimedia Model
Pada generasi ini, media yang dimanfaatkan terdiri dari media yang dicetak,
audiotape, videotape, computer based learning dan interactive video. Sebagian
dari penggunaan media telah melibatkan proses interaksi antara pengajar dan
siswanya, sebagian lagi belum.
3. The Telelearning Model
Pada generasi ini, penggunaan medianya lebih bervariasi lagi, diantaranya:
audioteleconfrencing, videoconfrencing, audigraphic communication, broadcast
TV/Radio and audioteleconfrencing. Meskipun media tersebut dapat meningkatkan
interaktifitas antara pengajar dan peserta didik, tetapi penggunaan media
tersebut tidak mendukung fleksibilitas waktu tempat dan kecepatan.
4. The Flexible Learning Model
Generasi ini telah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketiga generasi
sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive Multimedia Online, Internet based
access to WWW resources dan Computer mediated communication, fleksibilitas
waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus interaksi pengajar dengan
siswanya.
5. The Intelligent Flexible Learning Model
Penambahan media dalam generasi ini adalah penggunaan Campus portal access
to institutional processes and resources. Penambahan media tersebut semakin
menyempurnakan perkembangan PJJ yang mengikuti perkembangan zaman.
Model Pembelajaran dalam pemanfaatan TIK
ü Traditional
Dalam metode ini, Proporsi Materi
yang disampaikan secara online adalah 0 %,
pembelajaran dilakukan sevara tatap muka tanpa memanfaatkan TIK atau
teknologi jaringan, pembelajaran disampaikan melalui tatap muka lisan maupun
dengan memanfaatkan bahan ajar cetak.
ü ICT/Web Facilitated
Metode pembelajaran dalam metode ini Proporsi Materi
yang disampaikan secara online adalah 1 – 29 %sudah memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan untuk
mempermudah dan memfasilitasi pembelajaran tatap muka. Selain itu, metode ini
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, blog sebagai tempat untuk
menayangkan silabus dan materi perkuliahan, menggunakan email untuk komunikasi,
dan semua diarahkan untuk memperkaya pembelajaran tatap muka.
ü Blended/Hybrid
Metode pembelajaran ini Proporsi Materi yang disampaikan
secara online adalah 30 - 79 % meramu pemanfaatan TIK/teknologi online dan
pembelajaran tatap muka. Pembelajaran disampaikan lebih banyak secara online,
menggunakan repository bahan ajar online, menggunakan diskusi online, tapi
tetap diperkaya dengan pembelajaran tatap muka.
ü Online/E-learning
Metode pembelajaran ini Proporsi
Materi yang disampaikan secara online adalah 80 + % sangat mengandalkan pemanfaatan TIK/teknologi online karena hampir semua
materi disajikan dan disampaikan secara online, interaksi dilakukan secara
virtual.
Menurut saya perkembangan pembelajaran di indonesia sudah mencapai Menurut saya perkembangan pembelajaran di indonesia telah sampai pada
pembelajaran Generasi ke 4 yaitu ;
The Flexible Learning Model Generasi ini telah jauh lebih baik jika
dibandingkan dengan ketiga generasi sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive
Multimedia Online, Internet based access to WWW resources dan Computer mediated
communication, fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus
interaksi pengajar dengan siswanya , Model Pembelajaran dalam pemanfaatan TIK PJJ di indonesia menurut saya
sudah mencakup sampai Blended/Hybrid metode ini adalah pembelejaran yang di
sampaikan secara online seperti pembelajaran di seamolec yang mengunakan
pemanfaatan TIK/ teknologi online ini dan pembelajaran tatap muka Pembelajaran
disampaikan lebih banyak secara online, menggunakan repository bahan ajar
online, menggunakan diskusi online, tapi tetap diperkaya dengan pembelajaran
tatap muka.
Contoh nya
seperti pembelajaran edmodo KDPJJ SEAMOLEC dalam pertemuan Pertama tatap muka
dengan Dengan Dosen dan Mahasiswa mahasiswi atau Video conference secara langsung bersama
siswa dan dosen.
0 komentar:
Posting Komentar