Minggu, 01 Maret 2015

Selamat Membaca

Generasi perkembangan PJJ di indonesia

Ini adalah Lima Generasi dalam Perkembangan PJJ

1.      The Correspondence Model
Pada generasi ini, media yang digunakan adalah media cetak. Penggunaan media ini mengedepankan fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan. Bahan yang diajarkan sudah sistematis, tapi tidak ada interaksi antara peserta didik dan pengajar.
2.      The Multimedia Model
Pada generasi ini, media yang dimanfaatkan terdiri dari media yang dicetak, audiotape, videotape, computer based learning dan interactive video. Sebagian dari penggunaan media telah melibatkan proses interaksi antara pengajar dan siswanya, sebagian lagi belum.
3.      The Telelearning Model
Pada generasi ini, penggunaan medianya lebih bervariasi lagi, diantaranya: audioteleconfrencing, videoconfrencing, audigraphic communication, broadcast TV/Radio and audioteleconfrencing. Meskipun media tersebut dapat meningkatkan interaktifitas antara pengajar dan peserta didik, tetapi penggunaan media tersebut tidak mendukung fleksibilitas waktu tempat dan kecepatan.
4.      The Flexible Learning Model
Generasi ini telah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketiga generasi sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive Multimedia Online, Internet based access to WWW resources dan Computer mediated communication, fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus interaksi pengajar dengan siswanya.
5.      The Intelligent Flexible Learning Model
Penambahan media dalam generasi ini adalah penggunaan Campus portal access to institutional processes and resources. Penambahan media tersebut semakin menyempurnakan perkembangan PJJ yang mengikuti perkembangan zaman.

Model Pembelajaran dalam pemanfaatan TIK

ü  Traditional
Dalam metode ini, Proporsi Materi yang disampaikan secara online adalah 0 %,
pembelajaran dilakukan sevara tatap muka tanpa memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan, pembelajaran disampaikan melalui tatap muka lisan maupun dengan memanfaatkan bahan ajar cetak.
ü  ICT/Web Facilitated
Metode pembelajaran dalam metode ini Proporsi Materi yang disampaikan secara online adalah 1 – 29 %sudah memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan untuk mempermudah dan memfasilitasi pembelajaran tatap muka. Selain itu, metode ini memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, blog sebagai tempat untuk menayangkan silabus dan materi perkuliahan, menggunakan email untuk komunikasi, dan semua diarahkan untuk memperkaya pembelajaran tatap muka.
ü  Blended/Hybrid
Metode pembelajaran ini Proporsi Materi yang disampaikan secara online adalah 30 -  79 % meramu pemanfaatan TIK/teknologi online dan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran disampaikan lebih banyak secara online, menggunakan repository bahan ajar online, menggunakan diskusi online, tapi tetap diperkaya dengan pembelajaran tatap muka.
ü  Online/E-learning
 Metode pembelajaran ini Proporsi Materi yang disampaikan secara online adalah 80 + %  sangat mengandalkan pemanfaatan TIK/teknologi online karena hampir semua materi disajikan dan disampaikan secara online, interaksi dilakukan secara virtual.


Menurut saya perkembangan pembelajaran di indonesia sudah mencapai Menurut saya perkembangan pembelajaran di indonesia telah sampai pada pembelajaran Generasi ke 4 yaitu ;
The Flexible Learning Model Generasi ini telah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketiga generasi sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive Multimedia Online, Internet based access to WWW resources dan Computer mediated communication, fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus interaksi pengajar dengan siswanya , Model Pembelajaran dalam pemanfaatan TIK PJJ di indonesia menurut saya sudah mencakup sampai Blended/Hybrid metode ini adalah pembelejaran yang di sampaikan secara online seperti pembelajaran di seamolec yang mengunakan pemanfaatan TIK/ teknologi online ini dan pembelajaran tatap muka Pembelajaran disampaikan lebih banyak secara online, menggunakan repository bahan ajar online, menggunakan diskusi online, tapi tetap diperkaya dengan pembelajaran tatap muka.
Contoh nya seperti pembelajaran edmodo KDPJJ SEAMOLEC dalam pertemuan Pertama tatap muka dengan Dengan Dosen dan Mahasiswa mahasiswi  atau Video conference secara langsung bersama siswa dan dosen.

0 komentar:

Posting Komentar

MAWAR

MAWAR

Mau tw tentang saya ?

Popular Posts

Translate