Minggu, 12 April 2015

Selamat Membaca

Tugas Akhir KDPJJ_SEAMOELC

PEPER TUGAS AKHIR
PENDIDIKAN JARAK JAUH
Pemanfaatan media komputer dalam pendidikan jarak jauh  



Disusun Oleh :
Nama : Tantri Yasiva
NIM    : 2131310060
Dosen:

Timbul Perdede











TUGAS AKHIR
PROGRAM DIPLOMA III (D3) MANAJEMEN INFORMATIKA
AMIK WAHANA MANDIRI
2015




Seiring dengan perkembangan zaman, program pendidikan pun mulai mengikuti arus Berbagai macam cara pembelajaran mulai bervariasi dengan metode yang beragam Penggunaan yang dirasa cocok untuk peserta didik dan pendidik pun dirancang sedemikian rupa agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan awal Perkembangan teknologi yang sangat pesat pun juga termasuk salah satu faktor berkembangnya peserta didik dan pendidik dalam belajar Bukan hal langka apabila pembelajaran sekarang ini menggunakan fasilitas IT. Perkembangan teknologi tersebut sangat mempengaruhi peserta didik dan pendidik dalam belajar. Hampir semua orang memanfaatkan IT di dalam kehidupannya, baik di sekolah, rumah maupun di lingkungannya Karena teknologi dianggap mempermudah dan membuat instan banyak hal, yang paling sering kita temukan di dunia pendidikan. Dengan permasalahan diatas maka muncullah saat ini pendidikan jarak jauh (online learning). maka dalam hal ini kami membahas tentang Pemanfaatan media computer sebagai pendidikan jarak jauh Dalam pendidikan jarak jauh, peserta didik tidak diharuskan bertemu secara tatap muka seperti pembelajaran formal yang biasa kita temui,  tetapi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mereka dapat melakukan proses pembelajaran.
      Proses pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh mungkin dianggap rugi pada masa lalu khususnya di Indonesia, tetapi kini pembelajaran seperti ini sangatlah menguntungkan bagi peserta didik yang kurang memiliki waktu ataupun ingin mendapatkan ilmu tetapi terganjal pada suatu halangan Karena hampir semua orang di berbagai belahan dunia khususnya diindonesia sekarang sudah dapat mengakses segala sesuatu yang ingin mereka dapat dengan bantuan internet Awal proses online learning menggunakan semi pembelajaran e-learning, karena pada saat itu internet belum mendunia, sehingga hanya sebagian kecil orang yang dapat menggunakan fasilitas internet. Dalam proses ini, pendidik dan peserta didik tetap menggunakan proses pembelajaran biasa secara tatap muka, tetapi dalam satu dua pertemuan mereka akan menggunakan pembelajaran e-learning tanpa tatap- muka. Kendala yang dihadapi pada proses online learning juga banyak pada awal perkembangannya. Banyak sekali pendapat bahwa online learning kurang baik dan kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran online learning dianggap mempersulit pendidik maupun peserta didik yang kurang paham akan penggunaan internet.
      Pada model pendidikan jarak jauh atau online learning ini peserta didik memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan pembelajaran formal di sekolah. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki berbagai sisi positif dan negatif yang tidak didapatkan di pendidikan formal. Hal ini akan lebih mendalam dibahas pada bab pembahasan Sistem pendidikan jarak jauh (PJJ), yang dipersepsikan sebagai inovasi abad 21, merupakan sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu, dan sosioekonomi. Sistem PJJ membuka akses terhadap pendidikan bagi siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Melalui berbagai perangkat hukum yang telah dikeluarkan pemerintah, yaitu SK Mendiknas No.107/U/2001, UU Sisdiknas No. 20/2003, PP 17/2010, dan juga PP 66/2010, sistem PJJ sudah menjadi bagian yang menyatu dalam dunia pendidikan di Indonesia, dan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh akses terhadap pendidikan, termasuk pendidikan guru dan tenaga kependidikan. Situasi ini mendorong berbagai institusi pendidikan, terutama pendidikan tinggi, untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan jarak jauh.
      Pada tahun 2010, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia mencapai 21,6%. Suatu hasil yang menggembirakan, namun masih jauh dari pencapaian target nasional, yaitu 30% pada tahun 2015. Dalam PP 17/2010 pasal 118 dinyatakan bahwa PJJ diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan, serta meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan. Oleh karenanya PJJ memiliki karakteristik terbuka, belajar mandiri, belajar tuntas, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) , dan/atau menggunakan teknologi lainnya. Melalui sistem PJJ, setiap orang dapat memperoleh akses terhadap pendidikan berkualitas tanpa harus meninggalkan keluarga, rumah, pekerjaan, dan tidak kehilangan kesempatan berkarir. Sifat masal sistem PJJ dalam mendistribusikan pendidikan berkualitas yang terstandar dengan menggunakan TIK, standardisasi capaian pembelajaran (learning outcomes), materi ajar, proses pembelajaran, bantuan belajar, dan evaluasi pembelajaran, menjadikan pendidikan berkualitas dapat diperoleh berbagai kalangan lintas ruang dan waktu yang kurang lebih gambar nya seperti ini .

Gambar 1. Skema Proses pemblajaran 






1. Gambaran Umum Pemanfaatan Media Komputer

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia Teknolgi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik yang kurang lebih nya gambaran seperti ini.

Gambar 2.Gambaran Umum



Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa Oleh karena itu kami akan membahas bagaimana Manfaat komputer dan Internet sebagai meadia pembelajaran Penggunaan media bukan bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan untuk membantu dalam penyampaian materu atau informasi. Secara umum penggunaan media  pembelajaran  adalah membantu gutu dalam menyampaikan pesan pesan  atau materi pelajaran digunakan dengan tujuan:

  1. Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.
  2. Menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi
  3.  Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif.
  4.  Penggunaan media bukan saja member manfaat bagi siswa, tetapi juga bagi guru sebagai pengajar. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh  dari penggunaan media pembelajaran antara lain:
Untuk memperlancar interaksi. Dalam hal ini keberadaan media merupakan medium antara pesan dengan siswa, antara guru dengan siswa. Dengan demikian kehadiran media akan meningkatkan kualitas interaksi baik itu interaksi guru dengan siswa, maupun interaksi siswa dengna siswa Proses belajar menjadi lebih menarik. Dengan adanya media pembelajaran dapat membangkitakan keingintahuan siswa, merangsang siswa untuk bereaksi terhadap penjelasan guru Pengolahan pembelajaran lebih efektif dan efesien Meningkatkan kualitas belajar siswa. Penggunaaan media pembelajaran tidak hanya membuat proses pembelajaran menjdi lebih efesien tetapi juga dapat membantu siswa menyerap materi pelajaran lebih dalam Menimbulkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media dapat menyajikan pesan dengan konkrit disertai dengan contoh contoh yang dapat meyakinkan siswa akan kebeneran suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari.

Menurut Dirjen DIKTI, yang tertuang dalam “Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Jarak Jauh di Perguruan Tinggi“, untuk menjamin kualitas, secara intrinsik, penyelenggaraan program PJJ diharapkan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1)      Didasarkan pada kegiatan perencanaan yang sistemik berkenaan dengan kurikulum, materi ajar, proses pembelajaran, instrumen dan sistem evaluasi.
2)      Berbasis TIK,
3)      Memanfaatkan sistem penyampaian pembelajaran yang inovatif dan kreatif,
4)      Menyelenggarakan proses pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan memungkinkan kesempatan tatap muka,
5)       Mengembangkan dan membina tingkat kemandirian dan softskills peserta didik,
6)      Menyediakan layanan pendukung yang berkualitas (administrasi akademik, bantuan belajar peserta didik, unit sumber belajar untuk layanan administrasi dan peserta didik, akses dan infrastruktur).

Fungsi dasar media pembelajaran adalah menyampaikan pesan dalam proses komunikasi antara pengajar dan yang diajar. Sebagai akibat dari aktifitas ini, peserta didik pun merasakan benefit-nya karena telah belajar sesuatu.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan memberi kontribusi terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran Berbagai hasil penelitian pada intinya menyatakan bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan bantuan sangat besar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran namum demikian peran tenaga pengajar itu sendiri juga menentukan terhadap efektivitas penggunaan media dalam pembelajaran. Peran tersebut tercermin dari kemampuanya dalam memilih media yang digunakan. Secara umum pola penggunaan media pembelajaran dikelompokan menjadi dua yaitu  pola penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di luar kelas Pola penggunaan didalam kelas atau pada pembelajaran tatap muka, media pembelajaran digunakan untuk menunjang penyajian materi pembelajaran sehingga libih mudah dipahami peserta didik dengan baik. Sedangkan pola penggunaan media pembelajaran  diluar kelas, media pada umumnya digunakan untuk belajar mandiri dan belajar jarak jauh  Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh  langkah langkah secara sistematis yang seprti gambar di bawah ini

Gambar 3. Pembelajaran dan siswa belajar secara PJJ










11 Jenis – Jenis Media Pembelajaran

Menurut Heinich, Molenda dan Russel (1996) ada enam jenis media pembelajaran yag bisa digunakan, yaitu:
a)      Media yang tidak diproyeksikan (model, foto, gambar)
Media yang diproyeksikan bisa dibagi kedalam dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Bahan cetak seperti foto, gambar, poster tergolong pada media proyeksi dua dimensi, sedangkan replica, model, dan simulator tergolong kedalam yang tiga dimensi.
b)      Media yang diproyeksikan
Penggunaan media ini dengan cara diproyeksikan ke sebuah layar, biasanya berupa film dan presentasi. Semua ilmu yang akan disampaikan diproyeksikan kedalam sebuah layar dibantu tenaga pengajar yang menguasai ilmunya.
c)      Media audio
Suara yang direkam kedalam kaset, CD, atau DVD dan sifatnya bisa diputar berulang-ulang sebagai media pembelajaran. Contohnya adalah listening dalam permatakuliahan Bahasa Inggris.
d)     Media video
Perkembangan dari yang tadinya hanya bisa mendengarkan, sekarang bisa juga melihat video atau gambar bergeraknya diiringi suara.
e)      Komputer
Bisa dibilang ini adalah media tercanggih yang saat ini ada sebagai media pembelajaran, karena bisa mewakili keempat media pembelajaran diatas.
f)       Multimedia berbasis komputer
Komputer sudah sangat canggih sekrarng ini , dibantu dengan multimedia sebagai pelengkap rasanya media pembelajaran yang ada saat ini sudah cukup bisa menggeser media pembelajaran menggunakan metode lama. Seperti penggunaan animasi bergerak yang membuat belajar yang lebih asik, interaktif, dan komunikatif.

Peran media sangat penting sekali dalam pembelajaran. Berikut adalah peranan-peranan penting media dalam pembelajaran:
1)      Sarana komunikas
2)       Modul untuk belajar mandiri
3)       Memperjelas pesan
4)      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
5)      Mendapatkan semangat belajar
6)      Belajar mandiri sesuai bakat dan kemampuan peserta didik Lebih menyenangkan

Ditambahkan pula oleh Kemp dan Dayton (1985) kontribusi media pembelajaran dalam hidup manusia:
1)    penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2)    pembelajaran dapat lebih menarik
3)    pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan metode belajar
4)    waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5)    kualitas pembelajaran dapat ditingkat
6)    proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7)    sikap positif peserta terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8)     peran dosen berubah kearah yang positif

Contoh Media Komputer yang digunkan dalam Penyelenggaraan PJJ
1. Edmodo
Edmodo bisa digunakan sebagai media pendidikan jarak jauh. Metode yang ditawarkan juga sangat menarik, seperti kelas yang bersifat virtual. Pengerjaan dan pengumpulan tugas sesuai due-date, pembagian badge atas prestasi mahasiswa-mahasiswanya, dan juga to-do list di dalam Edmodo menjadi pembeda antara Blog, Facebook, dan situs-situs lainnya dengan situs Edmodo ini.





2 2 Blogger
Blogger adalah tulisan serupa jurnal / buku harian yang ditampilkan di web. Ciri khasnya adalah tulisan tersusun secara kronologis, dengan tulisan terbaru ada pada bagian paling awal / atas namun di sini saya menggunakan blogger juga sebagai media pemanfaatn komputer sebagai prinformasiaan atas tugas yang saya kerjakan seperti posting blog pembelajaran KDPJJ_SEAMOLEC 



 3.   Face book
      Face book juga sangat bermanfaat sebagai sumber informasi dan juga komunikasi manfaat dari media komputer yang masuk kedalam media face book ini salah satu media social network yang sangat terkenal, dengan facebook kamu dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia. Maka dari itu penyelenggaraan sistem PJJ memilih Facebook sebagai media karena facebook sudah mendunia, dan mudah untuk digunakan.


KESIMPULAN

Media Kompter  adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai perantara antara pengajar dengan peserta didik untuk menyampaikan pesan dari materi pembelajaran Sedangkan Media pembelajaran sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dalam komunikasi dan interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Dengan pengalaman belajar yang berbeda dapat merangsang minat siswa untuk belajar, menimbulkan dan mewujudkan belajar yang efektif dan meningkatkan kualitas pelajar itu sendiri dalam media komputer tersebut membantu pengejar dan pelajar dalam pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

MAWAR

MAWAR

Mau tw tentang saya ?

Popular Posts

Translate