Media pembelajaran yang baik adalah media yang mempunyai manfaat dan tujuan
pembelajaran. untuk mencipakan media pembelajaran yang baik tidak mesti
menggunakan teknologi yang canggih, teknologi apapun bisa dijadikan media
pembelajaran asalkan media pembelajaran tersebut mudah untuk gunakan oleh
peserta didik. Media Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan membuat
peserta didik tidak mudah bosan dalam belajar.
Dengan media pembelajaran, belajar akan lebih mudah dan sangat interaktif,
proses pembelajaran dapat berlangsung dimanapun dan kapanpun, apalagi dengan
adanya kemajuan teknologi komputer yang mengoptimalkan peran komputer sebagai
sarana untuk menampilkan teks, grafik dan suara dalam sebuah tampilan yang
terintegrasi, dan bahkan peserta didik dapat berinteraksi dengan sumber belajar
secara luas. Komputer pun dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang
efektif.
Tujuh kriteria dalam memilih media dikenal dengan istilah “ACTIONS” Dapat
dipastikan dalam pemilihan media berdasarkan ke-7 kriteria tersebut
dimungkinkan ada kendala atau masalah dalam implementasi-nya. Jelaskan solusi
atau saran dari kendala masing-masing kriteria bils diterapkan
Menurut saya setelah kita ketahui
dari 7 kriteria
yang dijadikan pedoman dalam memilih media (ACTIONS)
Dan tujuh kriteria
ini merupakan pedoman untuk memilih media PJJ tersebut, dan biasanya disebut
dengan istilah ACTIONS. Dan pastinya tujuh kriteria tersebut memiliki
kekurangan dan kelebihan. Di sini, saya akan mengungkapkan pendapat saya
tentang kemungkinan kekurangan dari setiap kriteria dan penyelesaiannya.
Kritera tersebut yakni:
1. Access (aksesibilitas)
Kemungkinan
kekurangan adalah susahnya peserta didik memiliki media pembelajaranyang akan
ditentukan oleh penyelenggara PJJ. Jadi, penyelenggara PJJ harus mengetahui media yang tepat entah internet (secara
online) ataupun media cetak seperti modul, CD interaktif dan lainnya, yang
lebih mudah didapat oleh peserta didik.
2. Costs (biaya)
Masalah yang
mungkin timbul adalah membengkaknya dana dari peserta didik, jika media yang
dipilih secara online. Hal ini karena biaya yang digunakan untuk mengisi puulsa
modem misalnya. Jadi solusinya, pihak peyelenggara PJJ harus memastikan peserta
didik memiliki koneksi yang lebih ringan misalnya dengan melihat fasilitas wifi
yang ada di sekolah/universitas di mana peserta didik sekolah.
3. Teaching and Learning (proses dosenan dan
pembelajaran)
Masalah yang
mungkin muncul penjelasan modul yang berbentuk buku kurang jelas.Solusinya,
dapat dibuat buku digital yang terdapat video, audio, dan gambar. Juga dapat
dibuka forum diskusi melalui internet.
4. Interactivity (interaktifitas/komunikasi
dua arah)
Masalah yang
mungkin muncul kurangnya komunikasi, walaupun mungkin dapat dilakukan secara
online. Solusinya sesekali diadakan pertemuan dan pengarahan dari penyelenggara
PJJ.
5. Organisational Issues (permasalahan
organisasi)
Masalahnya
adalah perbedaan pendapat untuk menentukan media apa yang digunakan untuk PJJ,
solusinya dengan mengadakan survey media apa yang paling sesuai dengan keadaan
para peserta didik.
6. Novelty (kemutakhiran)
Masalah yang
mungkin timbul peserta didik jenuh dengan media yang telah ditentukan, yang
mengakibatkan malas belajar. Solusinya, dapat digunakan media penunjang lain
selain media yang telah ditentukan.
7. Speed (kecepatan)
Kemungkinan
masalahnya jika menggunakan modul, informasi terbaru tidak akan cepat sampai.
Maka solusinya, juga harus menggunakan media online.
Nah menurut
saya dari ke 7 ini Menurut saya memilih media (ACTIONS) saya memilih criteria
1. Teaching and Learning (proses dosen dan
pembelajaran) alasannya Pada hakikatnya PJJ sudah merupakan proses belajar
mengajar dan untuk penyampaikan pembelajaran dapat menggunakan berbagai media
yang sesuai dalam proses belajar mengajar. Mungkin permasalahan yang muncul
yaitu penjelasan materi yang mukin kurang jelas itu biasa nya dapat di siasati
dengan membuat buku digital yang
terdapat video, audio, dan gambar . Juga dapat dibuka forum diskusi melalui
internet seperti yang telah bapak terap kan dalam forum diskusi di Edmodo
seperti yang sedang kita lakukan namun saya juga tidak memungkiri bahwa ke 7
kereteria ACTIONS ini juga sangat bermanfat untuk kegiatan pembelajaran setiap
media pembelajaran memiliki sisi positif dan negatif dan langkah yang baik
adalah dengan memilih media pembelajaran nya secara benar .
2. Interactivity (interaktifitas/komunikasi
dua arah)
komunikasi dua
arah (interactivity). Interaksi adalah hal penting pula dalam proses
pembelajaran dan hal ini dapat diterapkan dalam kriteria memilih media. Dengan
memilih media yang mendukung interaksi dan komunikasi, kita dapat mengetahui
apakah bahwa bahan ajar sudah diterima atau belum oleh peserta didik, peserta
didik pun bisa menanyakan jika ada hal yang sulit atau ada kesulitan ada hal yang kurang dimengerti oleh peserta
didik bisa disampaikan melalui media tersebut.
3. kecepatan (speed). Pemilihan media yang
memiliki tingkat kecepatan yang baik dalam menyampaikan informasi bisa
dijadikan sebagai bahan pertimbangan, dimana pengajar bisa memberikan bahan
ajar dengan cepat dan peserta didik dapat menerima bahan ajar dengan cepat
pula. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar
dalam komunikasi dapat terjadi diantara
keduanya.
0 komentar:
Posting Komentar