Selasa, 10 Maret 2015

Selamat Membaca

Media Pembelajaran PJJ

Media pembelajaran yang baik adalah media yang mempunyai manfaat dan tujuan pembelajaran. untuk mencipakan media pembelajaran yang baik tidak mesti menggunakan teknologi yang canggih, teknologi apapun bisa dijadikan media pembelajaran asalkan media pembelajaran tersebut mudah untuk gunakan oleh peserta didik. Media Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan membuat peserta didik tidak mudah bosan dalam belajar.

Dengan media pembelajaran, belajar akan lebih mudah dan sangat interaktif, proses pembelajaran dapat berlangsung dimanapun dan kapanpun, apalagi dengan adanya kemajuan teknologi komputer yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan teks, grafik dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi, dan bahkan peserta didik dapat berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Komputer pun dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.

Tujuh kriteria dalam memilih media dikenal dengan istilah “ACTIONS” Dapat dipastikan dalam pemilihan media berdasarkan ke-7 kriteria tersebut dimungkinkan ada kendala atau masalah dalam implementasi-nya. Jelaskan solusi atau saran dari kendala masing-masing kriteria bils diterapkan
Menurut   saya  setelah kita  ketahui  dari  7  kriteria  yang dijadikan pedoman dalam memilih media (ACTIONS)

 Dan tujuh kriteria ini merupakan pedoman untuk memilih media PJJ tersebut, dan biasanya disebut dengan istilah ACTIONS. Dan pastinya tujuh kriteria tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Di sini, saya akan mengungkapkan pendapat saya tentang kemungkinan kekurangan dari setiap kriteria dan penyelesaiannya. Kritera tersebut yakni:
1.      Access (aksesibilitas)  
Kemungkinan kekurangan adalah susahnya peserta didik memiliki media pembelajaranyang akan ditentukan oleh penyelenggara PJJ. Jadi, penyelenggara PJJ harus mengetahui  media yang tepat entah internet (secara online) ataupun media cetak seperti modul, CD interaktif dan lainnya, yang lebih mudah didapat oleh peserta didik.
2.      Costs (biaya)
Masalah yang mungkin timbul adalah membengkaknya dana dari peserta didik, jika media yang dipilih secara online. Hal ini karena biaya yang digunakan untuk mengisi puulsa modem misalnya. Jadi solusinya, pihak peyelenggara PJJ harus memastikan peserta didik memiliki koneksi yang lebih ringan misalnya dengan melihat fasilitas wifi yang ada di sekolah/universitas di mana peserta didik sekolah.
3.      Teaching and Learning (proses dosenan dan pembelajaran)
Masalah yang mungkin muncul penjelasan modul yang berbentuk buku kurang jelas.Solusinya, dapat dibuat buku digital yang terdapat video, audio, dan gambar. Juga dapat dibuka forum diskusi melalui internet.
4.      Interactivity (interaktifitas/komunikasi dua arah)
Masalah yang mungkin muncul kurangnya komunikasi, walaupun mungkin dapat dilakukan secara online. Solusinya sesekali diadakan pertemuan dan pengarahan dari penyelenggara PJJ.
5.      Organisational Issues (permasalahan organisasi)
Masalahnya adalah perbedaan pendapat untuk menentukan media apa yang digunakan untuk PJJ, solusinya dengan mengadakan survey media apa yang paling sesuai dengan keadaan para peserta didik.
6.      Novelty (kemutakhiran)
Masalah yang mungkin timbul peserta didik jenuh dengan media yang telah ditentukan, yang mengakibatkan malas belajar. Solusinya, dapat digunakan media penunjang lain selain media yang telah ditentukan.
7.      Speed (kecepatan)
Kemungkinan masalahnya jika menggunakan modul, informasi terbaru tidak akan cepat sampai. Maka solusinya, juga harus menggunakan media online.


Nah menurut saya dari ke 7 ini Menurut   saya  memilih media (ACTIONS) saya memilih criteria
1.      Teaching and Learning (proses dosen dan pembelajaran) alasannya Pada hakikatnya PJJ sudah merupakan proses belajar mengajar dan untuk penyampaikan pembelajaran dapat menggunakan berbagai media yang sesuai dalam proses belajar mengajar. Mungkin permasalahan yang muncul yaitu penjelasan materi yang mukin kurang jelas itu biasa nya dapat di siasati dengan membuat buku digital  yang terdapat video, audio, dan gambar . Juga dapat dibuka forum diskusi melalui internet seperti yang telah bapak terap kan dalam forum diskusi di Edmodo seperti yang sedang kita lakukan namun saya juga tidak memungkiri bahwa ke 7 kereteria ACTIONS ini juga sangat bermanfat untuk kegiatan pembelajaran setiap media pembelajaran memiliki sisi positif dan negatif dan langkah yang baik adalah dengan memilih media pembelajaran nya secara benar  .

2.      Interactivity (interaktifitas/komunikasi dua arah)

komunikasi dua arah (interactivity). Interaksi adalah hal penting pula dalam proses pembelajaran dan hal ini dapat diterapkan dalam kriteria memilih media. Dengan memilih media yang mendukung interaksi dan komunikasi, kita dapat mengetahui apakah bahwa bahan ajar sudah diterima atau belum oleh peserta didik, peserta didik pun bisa menanyakan jika ada hal yang sulit atau ada kesulitan  ada hal yang kurang dimengerti oleh peserta didik bisa disampaikan melalui media tersebut.
3.      kecepatan (speed). Pemilihan media yang memiliki tingkat kecepatan yang baik dalam menyampaikan informasi bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, dimana pengajar bisa memberikan bahan ajar dengan cepat dan peserta didik dapat menerima bahan ajar dengan cepat pula. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam  komunikasi dapat terjadi diantara keduanya.

0 komentar:

Posting Komentar

MAWAR

MAWAR

Mau tw tentang saya ?

Popular Posts

Translate