Pengertian Gerak Benda dalam IPA
Gerakan Benda dalam Ilmu Pengetahuan Alam
Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat
awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan
terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang
mendekati. Seperti bola dapat bergerak dengan mudah. Saat bola tersebut di
gelindingkan maka bola tersebut akan bergerak dengan cepat. Sekarang, doronglah
meja belajarmu. Bandingkan dengan gerakan mendorong bola ! Tentu saja bola lebih mudah bergerak. Benda mudah bergerak
karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor yang
mempengaruhi gerak benda.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda
Gerak suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor bentuk benda, ukuran
benda, dan permukaan benda.
a. Bentuk Benda
Bentuk benda bermacam-macam. Ada benda yang berbentuk lingkaran, kotak, dan
segitiga. Bentuk suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Misalnya, roda
sepeda mudah bergerak. Roda berbentuk lingkaran. Benda yang berbentuk lingkaran
mudah bergerak. Demikian juga dengan bola. Bola berbentuk bulat sehingga mudah
menggelinding. Jadi, benda yang berbentuk bulat atau lingkaran mudah bergerak
daripada benda yang berbentuk kotak atau segitiga.
b. Ukuran Benda
Benda ada yang berukuran besar atau kecil. Ukuran suatu benda dapat
memengaruhi gerakannya. Bola sepak berukuran lebih besar daripada bola
pingpong. Bola pingpong lebih kecil daripada bola sepak. Bola pingpong juga
lebih ringan daripada bola sepak. Jadi, benda yang berukuran kecil dan ringan
lebih mudah bergerak atau digerakkan daripada benda berukuran besar dan berat.
c. Permukaan Benda
Permukaan benda ada yang kasar dan yang halus. Jenis permukaan suatu benda
dapat memengaruhi gerak benda tersebut. Benda yang permukaannya halus lebih
mudah bergerak daripada benda yang permukaannya kasar. Karena benda yang
permukaanya kasar gaya geseknya lebih besar daripada benda yang permukaannya
lebih halus. Bentuk permukaan benda mempengaruhi gerakan benda. Semakin kasar
permukaan benda, semakin sulit benda itu menggelinding, begitu pula sebaliknya.
Gesekan yang besar antara benda dengan permukaan akan menyebabkan gerak benda
lebih lambat. Contoh adalah sepeda di jalan yang beraspal lebih mudah bergerak
dibanding dijalan yang berbatu.
Benda yang permukaannya lebih luas akan jatuh lebih lambat dibanding benda
yang permukaannya sempit. Kecepatan jatuh benda dapat berbeda walaupun terbuat
dari bahan yang sama dan bobot yang sama pula. Hal ini terjadi karena luas
permukaan benda yang bergesekan dengan udara berbeda.
nah selanjut nya bahgaimana sih cara pembuatan Augmanted Reality tentang gerakan benda dalam ilmu pengetahuan alam
langsung saja yukk .. augmanted
reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun
tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan
benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.
nah langsung
saja mari kita ke pembuatan augmanted Reality nya yaitu persiapkan file
blender nya lalu buka file.blend yang sudah terdapat animasi nya buat file blender ini menjadi pilih file - export - auto desk FBX , tersebut pilih lagi file - external
data - unpack all into files bila ada tanda centang pada automaticaly pack into
.blend hilangkan dulu tanda centangnya.Dan masuk lagi pada file seperti tadi pilih use file in curent directory bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan
tadi untuk melihat .fbx
kemudian pilih file masuk pada unity
tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja atur
supaya Ar camera dan image target
posisinya sama dengan cara position diganti menjadi 0(nol) semua Selanjutnya
Pilih asset import packed custom package file yang dimasukan dari unity package
Untuk memasukan fle nya harus 1 per 1 tidak secara langsung , maka aturlah image target nya dengan data set yang terdapat di empaty nya dan kita ganti dengan unity package yang telah kita masukan gais kemudian baut folder baru pada asset dengan nama yang anda inginkan gais >> lalu buka folder tersebut dan masukan file dari folder yaitu .Fbx dan tekture >> masukan atau seret file animasi ke dalam area kemudian klik file ber .Fbx untuk kita atur animasinya >> kemudian atur animasi .klik model dan ganti 1 untuk scale factor nya yaitu apply
Untuk selanjutnya kita dapat memilih seperti step " yang ada di atas ini , nah ada yang harus di ingat ya nich rig pilih legacy kemudian apply pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop dan ganti nama pada scane yang kita inginkan ya sesuai untuk star dan sesuaikan yang ada pada file blender nya dan usahakan jangan sampai lupa mencentang add loop frame dan pilih loop dan apply oc
setelah itu masukan pada are kita dan atur saja mengunakan scale dan posisi - posisi nya agar terlihat pada Ar camera nya seperti screen shot di atas. disini saya juga masih belajar jagan lupa untuk mengatur agar image target nya dapat terlihat ya dengan centang AR camera pilih load data set.
nah setelah semua nya selesai tinggal play saja lalu lihat hasil nya ya oya jagan lupa marker nya di hadapkan di kamera agar animasi yang di buat dapat terlihat ..
Sekian mari berÉxperiment ...
nah ini adalah alamat link youtub saya : https://www.youtube.com/watch?v=RNTfKo5wd8A&feature=youtu.be
boleh di lihat hehehehe
Terima kasih
·
0 komentar:
Posting Komentar