Jumat, 13 Maret 2015

Selamat Membaca

Pembuatan Augmented Reality Gerakan Benda dalam Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian Gerak Benda dalam IPA

 Gerakan Benda dalam Ilmu Pengetahuan Alam 

Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. Seperti bola dapat bergerak dengan mudah. Saat bola tersebut di gelindingkan  maka bola tersebut akan  bergerak dengan cepat. Sekarang, doronglah meja belajarmu. Bandingkan dengan gerakan mendorong bola ! Tentu saja bola  lebih mudah bergerak. Benda mudah bergerak karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi gerak benda.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda
Gerak suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda. 
a. Bentuk Benda
Bentuk benda bermacam-macam. Ada benda yang berbentuk lingkaran, kotak, dan segitiga. Bentuk suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Misalnya, roda sepeda mudah bergerak. Roda berbentuk lingkaran. Benda yang berbentuk lingkaran mudah bergerak. Demikian juga dengan bola. Bola berbentuk bulat sehingga mudah menggelinding. Jadi, benda yang berbentuk bulat atau lingkaran mudah bergerak daripada benda yang berbentuk kotak atau segitiga.
b. Ukuran Benda
Benda ada yang berukuran besar atau kecil. Ukuran suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Bola sepak berukuran lebih besar daripada bola pingpong. Bola pingpong lebih kecil daripada bola sepak. Bola pingpong juga lebih ringan daripada bola sepak. Jadi, benda yang berukuran kecil dan ringan lebih mudah bergerak atau digerakkan daripada benda berukuran besar dan berat.
c. Permukaan Benda
Permukaan benda ada yang kasar dan yang halus. Jenis permukaan suatu benda dapat memengaruhi gerak benda tersebut. Benda yang permukaannya halus lebih mudah bergerak daripada benda yang permukaannya kasar. Karena benda yang permukaanya kasar gaya geseknya lebih besar daripada benda yang permukaannya lebih halus. Bentuk permukaan benda mempengaruhi gerakan benda. Semakin kasar permukaan benda, semakin sulit benda itu menggelinding, begitu pula sebaliknya. Gesekan yang besar antara benda dengan permukaan akan menyebabkan gerak benda lebih lambat. Contoh adalah sepeda di jalan yang beraspal lebih mudah bergerak dibanding dijalan yang berbatu.

Benda yang permukaannya lebih luas akan jatuh lebih lambat dibanding benda yang permukaannya sempit. Kecepatan jatuh benda dapat berbeda walaupun terbuat dari bahan yang sama dan bobot yang sama pula. Hal ini terjadi karena luas permukaan benda yang bergesekan dengan udara berbeda.

nah selanjut nya bahgaimana sih cara pembuatan Augmanted Reality tentang gerakan benda dalam ilmu pengetahuan alam 
langsung saja yukk .. augmanted reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

nah langsung saja mari kita ke pembuatan augmanted Reality nya yaitu persiapkan file blender nya lalu buka file.blend yang sudah terdapat animasi nya  buat file blender ini menjadi pilih file - export - auto desk FBX , tersebut pilih lagi file - external data - unpack all into files bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.Dan masuk lagi pada file seperti tadi pilih use file in curent directory bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx




kemudian pilih file masuk pada unity tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja atur supaya Ar  camera dan image target posisinya sama dengan cara position diganti menjadi 0(nol) semua Selanjutnya Pilih asset import packed custom package file yang dimasukan dari unity package





Untuk memasukan fle nya harus 1 per 1 tidak secara langsung , maka aturlah image target nya dengan data set yang terdapat di empaty nya dan kita ganti dengan unity package yang telah kita masukan gais kemudian baut folder baru pada asset dengan nama yang anda inginkan gais >> lalu buka folder tersebut dan masukan file dari folder yaitu .Fbx dan tekture >> masukan atau seret file animasi ke dalam area kemudian klik file ber .Fbx untuk kita atur animasinya >> kemudian atur animasi .klik model dan ganti 1 untuk scale factor nya yaitu apply 













Untuk selanjutnya kita dapat memilih seperti step " yang ada di atas ini , nah ada yang harus di ingat ya nich rig pilih legacy kemudian apply pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop dan ganti nama pada scane yang kita inginkan ya sesuai untuk star dan sesuaikan yang ada pada file blender nya dan usahakan jangan sampai lupa mencentang add loop frame dan pilih loop dan apply oc 
setelah itu masukan pada are kita dan atur saja mengunakan scale dan posisi - posisi nya agar terlihat pada Ar camera nya seperti screen shot di atas. disini saya juga masih belajar jagan lupa untuk mengatur agar image target nya dapat terlihat ya dengan centang AR camera pilih load data set. 
nah setelah semua nya selesai tinggal play saja lalu lihat hasil nya ya  oya jagan lupa marker nya di hadapkan di kamera agar animasi yang di buat dapat terlihat ..  

Sekian mari berÉxperiment ...

nah ini adalah alamat link youtub saya : https://www.youtube.com/watch?v=RNTfKo5wd8A&feature=youtu.be

boleh di lihat hehehehe 

Terima kasih  


·    

0 komentar:

Posting Komentar

MAWAR

MAWAR

Mau tw tentang saya ?

Popular Posts

Translate