Pemograman Visual adalah metode pembuatan program dimana programmer
membuat koneksi antara objek-objek dengan cara membuat gambar, menunjuk, dan
mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur.
Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang
mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. Dalam pengeksekusian kode
programnya, pemrograman visual merupakan konsep event-driven, yaitu
pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian(event) tertentu. Setiap kejadian
tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi.
Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi
kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.
Dalam konsep suatu objek dikenali adanya dua komponen yaitu :
·
Properties atau
atribut, yang memiliki nilai dan nama.
·
Event (function,
method, action, behaviour) yang hanya memiliki nama.
Konsep event dalam sebuah objek dianggap sangat penting karena objek tidak
akan melakukan suatu action atau suatu kegiatan, objek hanya akan diam jika
tidak ada event yang diberikan. Seperti yang kita ketahui objek hanyalah sebuah
benda dan tak pernah melakukan sebuah action jika tidak ada sebuah perintah
untuk menggerakkannya.
Bahasa Visual
·
Penggunaan ekspresi visual(seperti grafik, gambar, atau ikon) yang
sistematik dan mempunyai arti
·
Bahasa visual adalah himpunan
simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan digunakan untuk
menyelesaikan masalah komunikasi di dunia.
·
Visual programing : pemegraman untuk
Fles dan sebagainya yang kebayakan untuk visual salah satu nya adalah C# untuk Augmanted Reality
Bandingkan:
Bahasa Textual
mengacu pada penggunaan karakter (teks).
Bahasa tekstual konvensional hanya bekerja pada 1 dimensi karena
compiler/interpreter memproses program pada satu arah saja.
Bahasa pemogramana Biyasa adalah bahasa yang tingkat intruksinya standar untuk
memerintah komputer yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan sematik
yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkiinkan
seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan di olah komputer
, bagaimana data ini akan di simpan / di
teruskan
Salah satu contoh nya pemograman Visual adalah aplikasi scratch seperti ini
Bicara tentang scratch, belum banyak orang yang tahu
tentang apa itu scratch. Scratch merupakan suatu program open source yang
digunakan untuk membuat animasi dan games. Bahasa pemrograman sederhana ini
tidak mengharuskan penggunanya mengoding, atau membuat koding. Mengapa tidak
harus membuat kode pemrograman? Karena memang scratch dibuat untuk anak-anak
yang ingin belajar bahasa pemrograman.
Salah satu contoh nya pemograman Visual adalah aplikasi scratch seperti ini
Bicara tentang scratch, belum banyak orang yang tahu
tentang apa itu scratch. Scratch merupakan suatu program open source yang
digunakan untuk membuat animasi dan games. Bahasa pemrograman sederhana ini
tidak mengharuskan penggunanya mengoding, atau membuat koding. Mengapa tidak
harus membuat kode pemrograman? Karena memang scratch dibuat untuk seseorang
yang ingin belajar bahasa pemrograman media pembelajaran ini adalah salah satu
komponen yan mempuyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar .
Scratch merupakam sebuah aplikasi yang
memungkinkan kita untuk membuat sebuah games dan simulasi pembelajarn tanpa
harus berkutat dengan bahasa pemograma , bahasa pemograman yang rumir tersebut
diganti dengan tombl yang mudah untuk aplikasi scratch mudah dengan memakai
konsep blok pemograman yang dapat di click , dragand drop jadi pemograman nya yang mirip menyusun blok
– blok konstruksi puzzle scratch mendukung
adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya , penambahan
untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games Intalasi
Scratch dan terdapat gambaran – gambaran nya.
1. Tampilan Awal dari Scratch pilih New
2. Tampilan Scratch yang saya pilih Cara nya agar gambar nya
seperti ini yaitu klik gambar pada Scratch nya lalu klik kanan dan pilih hapus
lalu cari saja gambar nya yang ada di New Sprite dapat di pilih
3. Tampilan Scratch seperti ini yaitu untuk memilih New baground di sini dapat
memilih gambar nya.
4. Disini saya akan menambahkan beberapa Karakter
yang akan menari saya akan menambahakan 3 item dan logika nya agar dapat di
jalakan
5. Penambahan suara dengan seperti ini
6. Nah di sini saya akan menambahkan suara di gambar ke 2
7. Disini saya akan menambahkan logika untuk gambar ke 3
0 komentar:
Posting Komentar