Sabtu, 07 Maret 2015

Selamat Membaca

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman Visual

Pemograman Visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara membuat gambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. Dalam pengeksekusian kode programnya, pemrograman visual merupakan konsep event-driven, yaitu pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian(event) tertentu. Setiap kejadian tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi. Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.
Dalam konsep suatu objek dikenali adanya dua komponen yaitu :
·          Properties atau atribut, yang memiliki nilai dan nama.
·          Event (function, method, action, behaviour) yang hanya memiliki nama.

Konsep event dalam sebuah objek dianggap sangat penting karena objek tidak akan melakukan suatu action atau suatu kegiatan, objek hanya akan diam jika tidak ada event yang diberikan. Seperti yang kita ketahui objek hanyalah sebuah benda dan tak pernah melakukan sebuah action jika tidak ada sebuah perintah untuk menggerakkannya.

Bahasa Visual
·         Penggunaan ekspresi visual(seperti grafik, gambar, atau ikon) yang sistematik dan mempunyai arti
·          Bahasa visual adalah himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan digunakan untuk menyelesaikan masalah komunikasi di dunia.
·         Visual programing : pemegraman untuk Fles dan sebagainya yang kebayakan untuk visual salah satu nya adalah  C# untuk Augmanted Reality

Bandingkan:
Bahasa Textual mengacu pada penggunaan karakter (teks).
Bahasa tekstual konvensional hanya bekerja pada 1 dimensi karena compiler/interpreter memproses program pada satu arah saja.

Bahasa pemogramana Biyasa adalah bahasa  yang tingkat intruksinya standar untuk memerintah komputer yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan sematik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkiinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan di olah komputer  , bagaimana data ini akan di simpan / di teruskan 

Salah satu contoh nya pemograman Visual adalah aplikasi scratch seperti ini Bicara tentang scratch, belum banyak orang yang tahu tentang apa itu scratch. Scratch merupakan suatu program open source yang digunakan untuk membuat animasi dan games. Bahasa pemrograman sederhana ini tidak mengharuskan penggunanya mengoding, atau membuat koding. Mengapa tidak harus membuat kode pemrograman? Karena memang scratch dibuat untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa pemrograman.


Salah satu contoh nya pemograman Visual adalah aplikasi scratch seperti ini Bicara tentang scratch, belum banyak orang yang tahu tentang apa itu scratch. Scratch merupakan suatu program open source yang digunakan untuk membuat animasi dan games. Bahasa pemrograman sederhana ini tidak mengharuskan penggunanya mengoding, atau membuat koding. Mengapa tidak harus membuat kode pemrograman? Karena memang scratch dibuat untuk seseorang yang ingin belajar bahasa pemrograman media pembelajaran ini adalah salah satu komponen yan mempuyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar .
      Scratch merupakam sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah games dan simulasi pembelajarn tanpa harus berkutat dengan bahasa pemograma , bahasa pemograman yang rumir tersebut diganti dengan tombl yang mudah untuk aplikasi scratch mudah dengan memakai konsep blok pemograman yang dapat di click , dragand drop  jadi pemograman nya yang mirip menyusun blok – blok konstruksi puzzle scratch mendukung  adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya , penambahan untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games Intalasi Scratch dan terdapat gambaran – gambaran nya.

1. Tampilan Awal dari Scratch pilih New


2.   Tampilan Scratch yang saya pilih Cara nya agar gambar nya seperti ini yaitu klik gambar pada Scratch nya lalu klik kanan dan pilih hapus lalu cari saja gambar nya yang ada di New Sprite dapat di pilih


3. Tampilan Scratch seperti ini yaitu untuk memilih New baground di sini dapat memilih gambar nya.




4. Disini saya akan menambahkan beberapa Karakter yang akan menari saya akan menambahakan 3 item dan logika nya agar dapat di jalakan


5. Penambahan suara dengan seperti ini 



6.   Nah di sini saya akan menambahkan suara di gambar ke 2



7. Disini saya akan menambahkan logika untuk gambar ke 3








Silahkan di coba , Semoga bermanfaat Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

MAWAR

MAWAR

Mau tw tentang saya ?

Popular Posts

Translate