Contoh perancanaan Bisnis Butik
Latar Belakang
Butik Tantri adalah butik dimana menjual peralatan wanita yang di mulai dari baju , sepatu ,tas dan aksesoris wanita , butik tantri menjual barang - barang yang di buat atau di desain sendiri oleh remaja wanita indonesia dengan bahan - bahan asli dari indonesia dan modal yang sesuai dengan budaya sendiri.
Butik tantri di buat dengan menyewa slah satu tempat di Mall jakarta yang sering di kunjungi oleh remaja - remaja jakarta .
Dalam menetapkan sasaran pasar (target pasar):
perusahaan terlebih dulu harus melakukan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama
pasara nya adalah remaja wanita
Harga yang ditawarkan bervariasi & relatif murah dengan harapan dapat harga yang ditawarkan bervariasi , terutama kalangan kompetitif & bersaing dengan tempat - tempat lain , pelanggan dapat merasa nyaman apabila belanja pada butik ini pelayanan nya yang sangat bersahaja .
Butik Tantri adalah butik dimana menjual peralatan wanita yang di mulai dari baju , sepatu ,tas dan aksesoris wanita , butik tantri menjual barang - barang yang di buat atau di desain sendiri oleh remaja wanita indonesia dengan bahan - bahan asli dari indonesia dan modal yang sesuai dengan budaya sendiri.
Butik tantri di buat dengan menyewa slah satu tempat di Mall jakarta yang sering di kunjungi oleh remaja - remaja jakarta .
Dalam menetapkan sasaran pasar (target pasar):
perusahaan terlebih dulu harus melakukan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama
pasara nya adalah remaja wanita
Harga yang ditawarkan bervariasi & relatif murah dengan harapan dapat harga yang ditawarkan bervariasi , terutama kalangan kompetitif & bersaing dengan tempat - tempat lain , pelanggan dapat merasa nyaman apabila belanja pada butik ini pelayanan nya yang sangat bersahaja .
- Karyawanpun diberikan seragam yang dibuat khusus oleh butik Tantri sehingga lebih menarik
- Design Tempat Butik Tantri ini seperti tujuannya yaitu agar anak muda Indonesia lebih mencintai bangsa sendiri, maka butik Tantri di design dengan. aksen-aksen lukisan budaya Indonesia tetapi tidak kalah modern dengan aksen minimalis dengan nuansa warna pink yang elegan
Lokasi dan pilihan wilayahLokasi dan pilihan wilayah
Pilihan dan lokasi butik TANTRI ini adalah dengan kriteria Mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari jarak jauh. • Pilihan mall ini adalah mall yang terkemuka dan sangat sering dikunjungi oleh anak muda Jakarta dan sekitarnya dan merupakan mall favorit mereka untuk berbelanja.
Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha Butik ini diantaranya :
Aspek Manajemen Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang karyawan:
1) 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian,
2). 2 orang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.
Aspek Pemasaran
A. Target Pasar Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Butik TANTRI bekerja berdasarkan trand yg sedang mendunia, kegiatan produksi dimulai apabila barang telah diterima, maka kegiatan produksi perusahaan tidak akan bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran keuangan dan administrasi.
Target pasarnya adalah remaja-remaja antara usia 15 sampai dengan 25.
B. Konsep Pemasaran terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensuvei para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu, maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 populer itu tetapi dengan tetap mengusung tema tetap tidak mengesampingakan budaya Indonesia.
C. Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan pakaian murah anamun berkualitas.
Harga normal baju : Rp 50.000,00 - 200.000,00
Normal Banded baju : Rp 250.000,00 - 500.000,00
Normal Mottled : Rp 500.000,00 - 1.000.00,00
Normal Platinum : Rp 1.000.000,00 - 10.000.000,00
PASAR
Segmentasi Pasar Butik TANTRI ini bersegmen Ciri-ciri :
Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya.
Positioning Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik TANTRI merancang sebuah strategi positioning Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya :
1. Butik elegan nan trendi tetapi sangat mengIndonesia.
1. Butik elegan nan trendi tetapi sangat mengIndonesia.
2. I love Indonesia .
PELANGGAN
Pasar sasaran Butik TANTRI adalah anak sekolah dimulai dari:
1 anak sekolah menengah pertama
2 sekolah menengah atas dan mahasiswa.
3 Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi.
Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui media Online. V. PERSAINGAN • Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan merek dan lokasi butik. • Butik TANTRI akan bersaing langsung dengan sesame butik lainnya ( Lolipoli, Mr Fredi, N.Y.L.A, (X)SML dan yang lainnya.
MANAJEMEN Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
1. Profesionalisme
2.Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
3.Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.
RENCANA ANGGARAN BIYAYA
Pada rencana anggaran biyaya bisnis
1. Kas Rp 20.000.000,00
modal Rp. 20.000.00,00
2. Baya sewa gerai Rp. 5.000.000,00
3. Rancangan interior Rp. 1.000.000,00
4. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
5. Peralatan Rp. 5.00.000,00
proyeksi penjualan dalam 1 bulan
minimal menjual 1 kodi
1 kodi baju berukuran S = Rp .1 .000.000,00 terdapat 24 potong baju tergangtung ukuran dan bahan
1 kodi baju berukuran M = RP. 2.000.000,00
1 kodi baju berukuran L = 2.500.000,00
1 kodi baju berukuran XL = 3.000.000,00
1 kodi baju berukuran XXL = 5.000.000,00
Perkiraan pendapatan minimal 1 bulan = 13.500.000,00
Jurnal transaksi dalam 1 bulan
1 Biaya angkut barang : Rp 500.000,00
2 .Biaya Tenaga kerja :
a) 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, Rp .100.000,00 x 3 = 300.000,00
b) 2 orang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya. Rp 200.000,00 x 2 = 400.000,00
3. Biaya Bahan baku Rp.15.000,00,00
0 komentar:
Posting Komentar